Halaman

Senin, 14 Mei 2012

Cara kerja Aquaponics



Cara kerja sistem akuaponik meniru daur ulang bahan organik yang terjadi di alam. Air dalam sistem akuakultur adalah air yang dikotori oleh kotoran ikan dan sisa pakan.  Kotoran ikan terutama mengandung amonia yang beracun bagi ikan. Pakan  ikan yang tidak termakan juga akan terurai menjadi amonia dan senyawa lainnya. Air kotor ini kemudian dialirkan ke dalam sistem hidroponik.

Dalam sistem hidroponik, terjadi 3 proses yaitu penyaringan kotoran padat, biofiltrasi dan penyerapan unsur hara oleh tanaman.

Penyaringan kotoran padat dalam sistem akuaponik  nft dan sistem akuaponik DWC harus menggunakan alat tersendiri yang berupa bak pengendapan atau saringan. Sementara dalam sistem akuaponik ebb & flow media tanam juga berfungsi sebagai biafilter. Kotoran padat ini kemudian akan terurai menjadi unsur yang lebih sederhana atau dibuang.

Biofiltrasi terutama berfungsi untuk  mengubah amonia  menjadi nitrit oleh bakteri nitrosomonas dan kemudian diubah menjadi nitrat oleh bakteri nitrobakter.

Nitrat, amonia, dan unsur  yang lain dipergunakan oleh tanaman. Air kemudian dialirkan kembali ke sistem aquakultur dalam keadaan bersih sehingga baik untuk pertumbuhan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar